Saturday, February 16, 2013

Tikus Belanda

Apa itu Tikus Belanda Marmut yang biasanya masyarakat Indonesia kenal sebagai Tikus Belanda atau dalam bahasa Inggrisnya disebut Guinea Pig, adalah spesies haiwan pengerat yang masuk ke dalam famili Caviidae dan genus Cavia. Tikus belanda tidak berasal dari Belanda tetapi berasal dari wilayah Andes. Haiwan ini banyak dijadikan hewan peliharaan oleh manusia. Tikus belanda sering kali salah disebut sebagai marmut / marmot, haiwan lain yang mirip tetapi berukuran lebih besar. Berikut adalah Klasifikasi Ilmiah dari Tikus Belanda (Guinea Pig) Kingdom: Animalia Filum: Chordata Kelas: Mamalia Ordo: Rodent Upaordo: Hystricomorpha Famili: Caviidae Upafamili: Caviinae Genus: Cavia Spesies: C. Porcellus Marmot sebenarnya adalah sejenis haiwan pengerat dari famili Sciuridae (bajing) dengan Marmota. Marmot umumnya hidup di daerah pegunungan, seperti Alpen atau Pirenia di Eropa, Pegunungan Rocky atau Sierra Nevada di Amerika Serikat dan Kanada bagian utara. GAMBAR DI ATAS ADALAH GAMBAR TIKUS BELANDA (GUINEA PIG) Bagaimanakah Cara Memelihara Marmut / Tikus Belanda (Guinea Pig) Marmut/guinea pig/cavy dapat menjadi hewan peliharaan yang paling menimbulkan rasa kasih sayang dan wonderful. Mereka dapat hidup sampai 10 tahun (rata-rata 5 sampai 7 tahun). Marmut dapat menjadi haiwan peliharaan yang baik untuk anak-anak yang berumur enam tahun ke atas. Kebanyakan marmut menjadi haiwan peliharaan yang jinak dan suka dibelai. Marmut adalah haiwan mudah terkejut, maka dari itu gunakanlah suara yang lembut dan gerakan perlahan supaya mereka tetap tenang. Waktu mengangkat dan membawa marmut, pastikan Anda memegang keseluruhan badannya dengan dua tangan. Marmut mudah terluka jika jatuh dan kadang menggigit jika tidak dipegang dengan benar. Anak-anak kecil sebaiknya diawasi pada waktu mereka bermain dengan marmut. Anak-anak juga sebaiknya jangan diperbolehkan mengeluarkan marmut dari kandang atau membawa marmut kesana kemari. RUMAH Lebih besar, lebih baik. Kandang yang lebih besar membuat pembersihan lebih jarang dan menyediakan ruangan yang cukup untuk bermain, mainan dan olah raga. Kandang yang luas dapat dibuat dengan kawat kotak-kotak (mesh) dan lembaran coroplast. Sebaiknya Anda jangan menggunakan kandang kecil yang dasarnya kawat - kawat tajam, yang dapat melukai kaki marmut. Kasian kan ... kita juga nanti yang repot, karena kalau marmut sudah terluka mesti super hati - hati mengobatinya. Jika Anda memiliki haiwan peliharaan lainnya seperti anjing atau kucing yang mungkin tinggal di dalam rumah, Anda harus memastikan haiwan tersebut tidak mengganggu marmut. Meski marmut tinggal di dalam kandang atau rumahnya, gerakan anjing atau kucing yang sedang ingin mencari tahu, atau sedang ingin bermain sangat lincah, cepat, dan terkesan tergesa - gesa. Hal ini membuat marmut anda akan sangat mudah terkejut. UKURAN KANDANG Minimum 0,5 meter persegi untuk setiap marmut. Untuk setiap tambahan marmut tambahkan paling sedikit 0,1 meter persegi (lebih bagus 0,2 meter persegi) Tidak dianjurkan: Aquarium ikan dan kontainer plastik dan atau tempat yang ventilasinya buruk dan mengasingkan marmut dari sekitarnya dengan membatasi penglihatan, suara, dan bau. Walaupun agak sukar sedikit untuk membuat kandang marmut dari kawat namun Insya Allah hal ini akan menyeronokkan sebagai aktiviti pada masa lapang.Lapiskan lantai kandang dengan serutan kayu aspen, Penggantian serbuk yang sering akan mencegah bau dan membantu menjaga marmut anda tetap sehat. LOKASI Pilih ruangan yang terang, memiliki aliran udara yang bebas, dengan suhu stabil antara 18-24 C, jauhkan dari sinar matahari yang terlalu panas dan suasana yang terlalu bising. Jadi si marmut bisa tahu bahwa ada Anda dekat mereka, atau anggota keluarga yang lain yang menjaga marmut dari ancaman (oiya, jadi gini, marmut saya, kalau saya diem, mereka bunyi - bunyi gitu ciap - ciap, tapi kalau saya bersuara, atau nyanyi, mereka enggak ciap - ciap lagi dan enggak grasak Jangan pernah meninggalkan marmut dengan anjing dan kucing, ferret (sejenis musang) atau hewan pemangsa lainnya.